Home | Template | Rekor | Hak Cipta

Unsur-unsur Penting untuk Toko Online

Blog sebagai toko online tidak ubahnya seperti brosur atau katalog produk. Kamu harus menyiapkan blogmu menjadi sumber informasi yang betul-betul jelas tentang barang atau jasa yang akan kamu jual. Karena sifatnya yang terbaca dan terlihat di layar kaca, kemasan untuk semua informasi itu haruslah ringkas, padat dan menarik. Nah, teman inilah beberapa hal yang harus ada di toko online. Kalau kamu sedang berencana membuka toko itu, hal-hal ini coba kamu perhitungkan sematang-matangnya. Bisa juga dilengkapi dan disempurnakan sambil jalan. Seringkali yang terjadi begitu. Tetapi tidak ada salahnya untuk satu dua hal mendasar sejak awal sudah pasti.
  1. Nama toko. Yang satu ini sangat penting. Kalau bisa sekali pasang jangan diganti supaya pembelimu tidak bingung. Soal nama itu mah selera. Kamu bisa memilih nama sesuai petunjuk dukun peruntungan, sesuai namamu sendiri atau sekedar nama unik agar gampang diingat. Unsur ini (unik) memang penting.
  2. Alamat blog. Pada saat membuat blog baru, blogger membiarkan kita memilih sendiri. Sangat beruntung kalau alamat blog itu sama dengan nama toko yang sudah kamu siapkan. Pengunjung akan semakin mudah mengingatnya. Oh ya, alamat blog yang misalnya berbunyi begini http://indokristik.blogspot.com/ dalam perjalanan waktu memang bisa kamu ubah menjadi nama lain. Saya tidak menganjurkan perubahan ini. Selain akan membingungkan pelanggan lama, mungkin juga akan membuat pusing mas Google sehingga isi blogmu tidak tidak terlacak oleh Google Search. Pikirkan baik-baik sebelum kamu pilih.
  3. Kontak. Unsur ini sangat penting. Kamu harus memperhitungkan sarana kontak apa yang paling familiar untuk calon pembeli. Yang umum tentu nomor telepon (handphone), email, yahoo messenger, atau jejaring sosial seperti facebook. Telepon paling penting karena selalu ada di dekatmu. Kapanpun calon pembeli perlu info lanjutan suatu produk atau keterangan terkait dengan barang daganganmu dapat langsung berhubungan denganmu. Email dan sarana kontak lain yang memakai sarana internet, tergantung seberapa intens kamu bisa online.
  4. Gambar. Unsur ini sangat penting kalau yang kamu jual adalah barang. Toko online berjalan berdasarkan kepercayaan. Mereka membeli karena mereka berharap akan mendapatkan barang seperti yang mereka lihat di layar. Karena itu siapkan gambar produk jualanmu sejelas mungkin. Jangan sekali-kali memasang gambar yang menipu. Kalau itu kamu lakukan, kamu membunuh bisnismu sendiri.
  5. Keterangan. Gambar harus dilengkapi dengan keterangan atau data. Pembeli harus tahu secara pasti misalnya ukuran dan warna yang tersedia. Sifat dari keterangan ini, seperti dalam brosur, haruslah ringkas (langsung menyangkut produk itu), padat (semua informasi yang penting ada di situ) dan menarik (dengan gaya atau bahasa yang menggugah selera).
  6. Cara Pembayaran. Lha yang ini penting untuk kamu dan untuk pembeli juga. Kamu harus jelas memberi informasi dengan cara apa barang daganganmu dapat dibayar. Untuk kebanyakan pembeli lokal (Indonesia) transfer atm ke rekening bank kamu adalah cara yang paling gampang. Kalau kamu juga menerima pembayaran melalui kartu kredit, bukalah akun dulu di Paypal. Itu cara paling terpercaya saat ini.

Setelah menyiapkan unsur-unsur di atas kamu saat ini juga bisa mulai membangun toko online-mu. Kalau kamu sudah punya akun google kamu tinggal masuk dan membuka fasilitas blogger. Untuk yang belum punya bisa klik di sini untuk mulai.



| judul Unsur-unsur Penting untuk Toko Online
coba coba
Widget asli buatan tHomBloG bisa dipasang di sidebar blog kamu tanpa memperberat loading





untuk pasang, copas kode di bawah ini:

template blogger indonesia
Obrolan
Tutorial
Inspirasi
Template
Kinanti
Wallpaper
edit 1


Lewatkan kursor kamu di tulisan berikut: coba zoom
He he lucu ya.
pembuat template blogger template khas indonesia, banner anti korupsi dan tutorial blog, wallpaper, iklan untuk blog atau web, rekor, toko online, Zoom by tHomBloG